jump to navigation

Sampah Plastik yang Terus Menggunung October 15, 2007

Posted by JalanSutera.com™ in Blog.
trackback

Blog Action Day: Hidup kita terbelenggu plastik, ya?

plastik

Dalam satu bulan, paling tidak saya berbelanja ke supermarket sebanyak dua kali. Jika dalam sekali belanja saya mendapatkan dua buah kantong plastik, maka saya paling tidak menyumbang empat kantong plastik dalam sebulan. Ini tentu jumlah yang minim alias terlalu sedikit. Nyatanya saya masih membuang lebih banyak lagi sampah plastik. Bayangkan saja bahwa gelas air minum, pembungkus snack, botol shampoo, pembungkus sabun, aneka peralatan rumah tangga yang rusak… semuanya terbuat dari plastik.

Benar-benar banyak jumlah sampah plastik yang kita hasilkan setiap hari. Sekedar sebagai informasi saja bahwa sampah plastik dari sektor pertanian saja setiap tahun mencapai 100 juta ton. Dengan jumlah sebanyak itu kita bisa membungkus bola bumi yang kita tinggali ini sepuluh kali lipat. Wow, benar-benar jumlah yang amat berlebihan mengingat angka di atas barulah sampah dari sektor pertanian saja.

Saya benar-benar prihatin jika melihat angka itu. Keprihatinan ini makin bertambah tatkala kita menyadari bahwa plastik sebenarnya mempunyai efek yang tidak baik bagi tubuh kita. Jika dibuang, plastik tidak akan terdegradasi oleh bakteri. Jika dibakar pun plastik akan mengeluarkan asap toksik yang apabila dihirup dapat menyebabkan sperma menjadi tidak subur dan terjadi gangguan kesuburan. Pembakaran PVC akan mengeluarkan DEHA yang dapat mengganggu keseimbangan hormon estrogen manusia. Selain itu juga dapat mengakibatkan kerusakan kromosom dan menyebabkan bayi-bayi lahir dalam kondisi cacat.

Sayangnya, nampaknya saya tidak bisa berkelit dari masalah ini. Saat berbelanja di supermarket saya selalu membungkus barang belanjaan dengan plastik. Tidak ada pilihan bagi saya untuk meminta barang-barang itu dibukungkus menggunakan kantong kertas seperti di luar negeri itu. Bahkan, membayar pun pakai “uang plastik” juga. Benar-benar hidup ini sudah dipenuhi dengan plastik, ya?

Be the first to like this post.

Comments»

1. rd Limosin - October 15, 2007

Blog Action Day!!!

hari ini ya??

2. Anang - October 15, 2007

pemulung.. yg membantu mendaur ulang sampah plastik itu

chuchu - April 16, 2010

tapimeskipun pemulungterusmembantu mendaur ulang nya juga tetap saja sampah masih bertumpuk…..
di bakar salah di kubur salah mesti gimana ea…..

3. timpakul - October 15, 2007

makin banyak plastik… makin menggunung deh.. :-)
btw, moga esok lingkungan hidup akan lebih baik bagi kehidupan..

list blogactionday-id :

4. mina - October 16, 2007

Ayo kampanye “Say NO to plastic bags!” :)
wah postingan kita temanya samaaaa….

5. hanafi - October 16, 2007

Topik post kamu bagus dan tepat masanya menentang pencemaran.
Dari seberang.
http://www.hanafionline.com

6. PIP - July 19, 2008

KITA HARUS BERGERAK SKRG JUGA!!!!!jgn di tunda!! Bpk,ibu,pak RT,bu guru,pak guru, ustad,ustazah,kyai,nyai,p lurah, p camat, bupati, gubernur, mentri, presiden,bang joni,yu minah,kang mamat,pak bambang, bu suryani,tora sudiro,nicolas saputra,gunawan,marini,laura,mbah tijo, lek parno,mbak mega,pak amin,cak dur,wawan,naif,samson….

7. fatah - October 20, 2008

dari pada memikirkan sampah plastik yang menumpuk mending kita memikirkan hal untuk menanggulanginya.
kami yang tergerak untuk mendaur ullang plastik ingin mengajak anda sekalian untuk mengumpulkan sampah tesebut dan memanfaatkan nya kembaali.
jika anda tidak ingin repot maka hub kami.kami akan membantu anda dan akan memberikan soslusi nya untuk anda,karena semua yang di ciptakan memiliki berkah yang tiada duanya dan kita wajib mensyukurinya.

8. insan utami - November 8, 2008

saya sudah bawa tas sendiri setiap kali belanja ke supermarket, bisa ditularkan pada banyak orang. Apalagi kalau membeli di toko kecil, penjual pasti seneng. Ya tooooo!!!! Sampah bisa berkurang banyak loooo!!!!!

9. vie - January 3, 2009

Memang bahaya bgt plastik kita mesti ikut andil dalam pemakain plastik

10. Maryam - February 20, 2009

Mulai sekarang gencarkan BYOG : Bring Your Own Bag. Setiap kali belanja, bawa tas sendiri yang bisa dipakai berkali-kali. Ada juga sekarang tas ramah lingkungan, bahannya berserat kotak, memang cepat berbulu, tp gapapa. Kalau dibuang akan hamncur dlm 6 minngu, kata aktivis lingkungan lho..

11. kurniawati - September 9, 2009

Wow,,,,
gila bangetzzzz,,,,
mudah2n pemerintah bisa menanggulangi masalah ini dengan cepat agar sampah plastik tidak menggunung. Jika boleh saya memberi saran,,,
sebaiknya sampah plastik ini di daur ulang menjadi barang yang bisa digunakan lagi. salah satu contonya saja wajan penggorengan,,, alat tersebut dapat digunakan sebagai alat penerima sinyal internet, dan cara pembuatannya sangat ,mudah sekali untuk di coba. saya harap masalah ini dapat di tanggulangi dgn cepat,,,,,
sebelum musibah banjir besar terjadi kembali,,,,

kurniawati - September 9, 2009

maksudnya,,,
wajan penggorengan aja bisa bermanfaat,,,
masa sampah plstik aja gak bisa?
ayo anak INDONESIA,,
tunjukkan bahwa indonesia bisa,,,,,

12. Ria_1990 - July 9, 2010

plastik emang menjadi masalah yang sulit diatasi…
maka,mulai dari kuta…
pribadi en tularkan ke orang lain..
pergunakan tas kain…
kurangi dan hindarkan penggunaan plastik…

smangat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <pre> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>