jump to navigation

Jika Blogger Diundang… July 8, 2008

Posted by JalanSutera.com™ in Blog.
Tags: , , ,
trackback

Siapkan dirimu jika diundang ke press conference

press conferenceMenanggapi maraknya undangan untuk para blogger pada acara press conference peluncuran produk perusahaan otomotif, perusahaan ponsel, dan operator GSM baru di Indonesia, blogger sekaligus wartawan kawakan Benny Chandra bertanya sebenarnya apakah memang perlu untuk mengundang para blogger.

Pertanyaan ini seharusnya dijawab para public relation dan petinggi perusahaan-perusahaan yang selama ini haus akan publikasi citra produk, citra diri dan citra perusahaan. Kita sebagai blogger hanya bisa menduga-duga apakah benar kita ini sudah masuk dalam hitungan sebagai salah satu channel media yang bisa disejajarkan dengan media mainstream yang selama ini sudah ada seperti radio, koran, majalah, dan televisi.

Jika melihat perkembangan blogger di Indonesia yang fantastis, menurut saya memang sudah saatnya mengundang para blogger. Atau, lihat saja hasil pencarian di Google yang kini juga menampilkan posting blog dalam hasil pencarian. Kita ambil contoh untuk pencarian dengan kata kunci telkomselflash di Google.

Selain penjelasaan dari situs resmi Telkomsel tentang TelkomselFlash yang tampil di urutan teratas, hasil pencarian lain di halaman pertama Google nyaris semuanya adalah postingan dari para blogger. Tidak ada situs media mainstream (radio, televisi, koran, majalah dan portal web) yang nongol di halaman pertama hasil pencarian itu. Jadi, bener dong sudah saatnya blogger diundang ke press conference? Ehmmm, silakan tanyakan pada para konsultan PR apakah kesimpulan sederhana saya ini sudah bener atau nggak.

Lalu, sebagai blogger apa yang perlu kita lakukan jika mendapat undangan press conference?

  • Konfirmasikan kehadiran Anda ke penyelenggara press conference, peluncuran produk atau acara lainnya. Jangan lupa tanyakan waktu dan tempat berlangsungnya acara. Jangan nyasar dan jangan telat, ya?
  • Lakukan survey kecil sebelum datang. Cobalah cari tahu, misalnya, nama produk beserta seluk beluknya, nama CEO, nama PR manager dan lain-lain.
  • Persiapkan alat-alat ngeblogmu: kamera digital, notebook, flashdisk, voice recorder dan baterai-baterai cadangan jika diperlukan. Pastikan semua alat itu bisa berfungsi dengan baik selama acara berlangsung.
  • Hadirlah tepat waktu. Bahkan kalau memungkinkan datanglah lebih awal daripada wartawan. Biasanya sebelum acara dimulai kita bisa melihat kesibukan event organizer, konsultan PR atau panitia dalam mempersiapkan acara. Selalu ada hal yang menarik saat mereka mempersiapkan semua itu.
  • Ikuti acara dengan seksama. Bertanyalah jika diperlukan. Jangan lupa sebutkan nama domain blogmu ketika bertanya. Sekalian promosi juga, khan? Hihihi..
  • Jika memungkinkan, lakukan wawancara khusus sebagai bahan pembuatan postingan nanti. Carilah CEO, product manager atau PR manager untuk diwawancarai. Berpatokan hanya pada press release yang dibagikan PR nggak akan ada seninya, khan?
  • Tulislah postinganmu secepatnya. Jika bisa dilakukan saat itu juga, itu lebih baik. Blogger gitu loch …
  • Be independent. Ya, jadilah blogger yang independen dalam menuliskan review info produk dan event.
  • Acara press conference dan peluncuran produk biasanya juga diikuti dengan makan-makan. Silakan makan yang kenyang tapi jangan sampai memalukan, ya.. Hehehe..

Ada yang mau nambahin?

Be the first to like this post.

Comments»

1. rama - July 8, 2008

udah banyak vendor seperti nokia, samsung, hp, dll yang memanfaatkan blogger dengan review-nya.. seperti customer 2 customer.. dan yang pasti membentuk loyalitas dalam komunitas.

2. Ben - July 8, 2008

Asal jangan hanya datang, makan, dan bawa pulang goody bag aja :D

Eh, wartawan kawakan? Wah istilahnya over dosis tuh… :P *kitik2 om puji*

3. Donny Verdian - July 8, 2008

Tambahan Mas:

Jangan menerima uang/bingkisan dalam bentuk apapun dan tuliskan secara terang-terangan di blog bahwa kamu nggak menerima bingkisan dalam bentuk apapun. :)

4. jarwadi - July 8, 2008

aku bisa di undang ga ya? Walau pemula kan tetep juga blogger gue?

5. ulan - July 8, 2008

kayak beriklan gratis donk kalo gitu…

6. JalanSutera.com™ - July 8, 2008

@2. Ben
ya, jangan cuma nongol dan bawa pulang cindera mata. harus bikin postingan dong.

eh, bukannya Anda ini bener wartawan kawakan. nggak usah merendah lah kalo memang sudah senior. hehehehe…

*hindari kitikan… *

@3. Donny Verdian
Donny, pada intinya saja setuju dengan Anda bahwa kita tidak boleh menerima uang/bingkisan dalam bentuk apapun. Tapi biasanya panitia selalu memberikan cendera mata yang bisa berupa kaos, pulpen, dan lain-lain. Wartawan pun menerima cendera mata seperti itu. Yang tidak boleh diterima, menurut saya, adalah imbalan untuk menulis atau tidak menulis pesan tertentu yang mempengaruhi independensi blog. Jika ingin memesan tulisan, misalnya, sarankan kepada orang itu untuk memasang iklan (pay per post). Untuk hal yang terakhir itu, Om Benny adalah salah satu jagonya.

7. sandal - July 8, 2008

Live blogging di acara seperti itu tentu sangat nikmat :D

Dan bagi saya, menuliskan suasana acara akan lebih menarik daripada menuliskan inti acara tersebut :D

8. usamah - July 8, 2008

Menurut Hermawan Kertajaya, ini adalah meotde pemasaran baru. Lihat saja kan, banyak blogger yg nulis tentang suatu produk??

9. Bayu - July 8, 2008

ada nggak blogger indonesia yang sudah diundang, tapi berani tetap objektif dan mengkritik produk nya jika ada kekurangan?

10. Riky Kurniawan - July 8, 2008

Kalo yang diundang adalah mereka yang sering menulis sesuai dengan acara yang diadain, target pesertanya jadi lebih tepat lagi.

kalo suka ngeblog soal otomotif diundang ke launching mobil..Kalo suka nulis gadget, diundang ke peluncuran produk HP terbaru,,,Informasi yangt ditulis di blog juga sesuai dengan tujuan dari empu acara

11. kucingkeren - July 8, 2008

haha..pemilik produk jadinya ntar undang para blogger aja gak usah wartawan beneran… wartawan kan tulisannya hrs dipertimbangkan dimuat atau tidaknya. kalao blogger kan langsung aja publish…hehe

12. problogger - July 8, 2008

kapan saya diundang? ha ha ha ha
jadi saingan wartawan dong, nerima amplop juga nggak? he he he
citizen jurnalism sedang bergerak, ayoo jadikan anda jurnalis independen yang sesungguhnya …

13. putradi - July 8, 2008

mungkin karena blog itu begitu SEO friendly yah .. kesayangan um gugel ..

14. Hedi - July 8, 2008

gue absen aja lah, mas…blog gue cuma isi bola, lha kalo ikut jumpa pers aneka produk musti ditulis di mana :D

15. mr.bambang - July 8, 2008

Saya blogger, saya juga sering banget diundang press confernce lo mas.. heheheee…

Apa mungkin perlu dibikin Blogger COnference yach? Trus nanti blogger yang profesional memiliki kartu blogger.. trus ntar bakal ada blogger bodrek :D

16. Dino - July 8, 2008

BMW ngundang blogger gak ya.. Siapa tau dikasih mobil hehe..

17. Pitra - July 8, 2008

ngomong2 undangan.. saya baru dapet undangan lagi nih (atas nama sbg blogger ya).. mungkin temen2 blogger lain juga ada yg diundang.

undangannya utk datang di pembukan Indonesia Intl Motor Show besok Jumat. yang ngundang lagi2 Toyota Astra Motor (TAM) yg dulu bikin blogger luncheon pas launching Altis.

18. aRuL - July 8, 2008

sudah baca analisis pak hermawan kartajaya di jawapos? tentang peluncuran produk honda mengundang blogger.
emang tidak usah repot2 lagi mengundang wartawan, cukup blogger mempulish promosi produk lewat blog masing2..
wah blogger makin hebat… :D

19. Pitra - July 9, 2008

arul: bukan Honda kali, kalo Toyota sih iya.. Makanya HK ngasih New Wave Marketing Award ke TAM

20. tikabanget™ - July 15, 2008

:( sayah blom pernah diundang.

21. 9 Peristiwa Menarik di Dunia Internet Indonesia 2008 » Benny Chandra dot com - January 5, 2009

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <pre> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>